Pendidikan Agama Islam

Pendidikan Agama Islam (PAI)

Moto: “Kompetitif, Unggul, dan Berkarakter Rabbaniy”

VISI:

|Menjadi Program Studi yang Kompetitif dan Unggul di Bidang Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang Berkarakter Rabbaniy Tahun 2035|

MISI:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang inovatif berbasis penguasaan materi dan metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang berkarakter rabbaniy.
  2. Mengembangkan atmosfir akademik yang mendorong terwujudnya Sarjana Pendidikan Islam yang kompetitif, unggul, dan berkarakter rabbaniy.
  3. Melaksanakan penelitian yang inovatif dalam bidang pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
  4. Mengembangkan dan menyebarluaskan hasil kajian keilmuan di bidang materi dan metodologi pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui kegiatan akademik dan pengabdian masyarakat.
  5. Menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi di dalam dan luar negeri, masyarakat pengguna lulusan, dan stakeholders lainnya dalam rangka merancang lulusan yang lebih unggul dan berdaya saing global di bidang metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang berkarakter rabbaniy.

Tujuan Program Studi:

  1. Menghasilkan Sarjana Pendidikan IslamĀ  yang memiliki penguasaan di bidang materi dan metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang berbasis metodologi inovatif dan berkarakter rabbaniy.
  2. Menghasilkan Sarjana Pendidikan Islam yang memiliki daya saing global, dan berkarakter rabbaniy.
  3. Menghasilkan Sarjana Pendidikan Islam yang memiliki kemampuan analitis kritis dan konstruktif berbasis riset, serta memiliki kemampuan memecahkan problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
  4. Menghasilkan Sarjana Pendidikan Islam yang dedikatif, profesional, berbudaya entrepreneurship, dan berkarakter rabbaniy dalam mengembangkan Pendidikan Agama Islam, baik di sektor pendidikan formal, informal, maupun nonformal.
  5. Menghasilakn Sarjana Pendidikan Islam yang memiliki kemampuan di bidang hard skill dan soft skill yang berkarakter rabbaniy dalam membangun kerjasama pengembangang pendidikan Islam.

Profil Lulusan:

Profil Utama:

Menjadi Pendidik/Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Sekolah/Madrasah (SD/MI/SMP/MTs/SMA/MA/SMK) yang Memiliki Keunggulan Metodologi Pembelajaran dan Berkarakter Rabbaniy.

Profil Tambahan:

  1. Konsultan Pendidikan Islam di Sekolah/Madrasah.
  2. Peneliti di bidang Pendidikan dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
  3. Pembina/Penyuluh Keagamaan di Lembaga Formal dan Nonformal berbasis Edukasi.
  4. Entrepreneur di Bidang Pendidikan (Edupreneurship).